10 Tips Simpel Mengakali Pesawat Radio Supaya Sinyalnya Bagus

6/10/2013 04:48:00 AM Sael 2 Comments

cara memperkuat sinyal radio
Lama Misael yang empunya blog tidak menulis di sini... banyak sekali yah yang tidak kutulis di blog ini. Fenomena terkini dan segala macamnya... dari kasus EYANG SUBUR sampai kemarin gempar Jeremy Teti DJ... 

Segitu dulu curhatnya ya.  Kali ini postinganku membahas trik mengakali suara radio yang kresek-kresek. Bagi pecinta siaran radio atau mungkin yang menunggu-nunggu sesuatu di radio (entah artis favoritnya, berita terbaru, laporan sepakbola live, atau apapun) tetapi kurang bisa menangkap sinyal radio dengan baik, ini ada 10 tips simpel yang sangat praktis untuk diterapkan (...). Langsung aja.

(PS: berlaku untuk radio HP, dan berlaku untuk radio biasa dan streaming)

  1. Tancap headset, speaker, atau apapun yang menggunakan kabel sound system ke device buat denger radio. Terbukti dengan menancap headset kemampuan menangkap sinyal bisa naik minimal 2 kali lipat karena logam colokan kabel.
  2. Atur ulang posisi colokan pesawat radio ke stop kontak, sudah benar belum. Posisi colokan berpengaruh ke kekuatan sinyal radio.
  3. Dekatkan ke benda-benda logam termasuk ke tubuh terutama tangan. Terbukti sinyal langsung naik secara luar biasa. Disarankan pesawat ditempel ke kaleng, panci, kalau ada ya logam batangan, supaya sinyalnya makin mantap.
  4. Di dalam ruangan, menempelkan pesawat radio ke tembok juga bisa menambah kemampuan menangkap sinyal. Asalkan ruangan di baliknya ada kaca jendela atau bukaan apapun ke luar ruangan (baca: troposfer)
  5. Cari tahu di mana kantor radio tsb (buka mbah google atau twitter) dan kalau perlu cari petanya, supaya nanti antena radio bisa diarahkan ke kantor (sekaligus pemancar) sehingga dapat sinyal bagus. Contoh kantor Prambors ada di Jakarta Selatan (Adityawarman), posisimu ada di Tangerang, berarti antena bisa diarahkan ke selatan atau tenggara untuk dapat sinyal bagus.
  6. Tidak tahu di mana kantornya? Putar-putar antena ke segala arah untuk mendapatkan sinyal terbaik.
  7. Jangan mendengarkan di basement gedung, area tertutup gedung, daerah berbukit, karena pasti kresek-kresek. Gelombang radio, IR, cahaya, UV pasti memantul di area seperti itu.
  8. Untuk pesawat radio mudah sekali, tinggal panjangkan antenanya sampai mentok.
  9. Coba hafalkan lokasi stasiun radio liar di sekitar rumahmu, jadi begitu
  10. Untuk streaming online, supaya lancar jaya tidak terputus dan tidak menguras kuota, kurangi penggunaan aplikasi lain saat mendengarkan radio, apalagi aplikasi Flash. Kalau malas mendengarkan buruan matikan streaming. Btw disarankan menggunakan tunein dan nux radio untuk streaming, aplikasi terbaik dan hemat kuota.
  11. Untuk kasus seperti di tengah Tol Cipularang, tidak ada solusinya selain matikan radio kalau dirasa sinyalnya sangat buruk, nyalakan lagi kalau dirasa baik. Penyebabnya ya bukit itu, ditambah radio Bandung dan Jakarta kebanyakan tabrakan sinyal karena memakai frekuensi (kebanyakan) beda 0,1 MHz setelah diatur ulang pada tahun 2004.
Sekian tips yang memang sudah pernah kupraktekkan ini.... sampai jumpa di posting berikut.


Update 7102017/7 Okt 2017



Blog ini berubah menjadi blog yang banyak membahas radio, sehingga kalau mau mengunjungi bahasan soal radio, bisa kamu klik di sini. http://www.misael.id/2017/10/the-only-radio-blog-in-jakarta.html

Terima kasih banget untuk atensi kawan-kawan. Ke depannya, artikel ini mungkin akan gue remake dengan gaya bahasa sekarang hahahah :) tunggu saja ya. Terima kasih juga masih banyak yang mau mencari hal ini di Google :) bahkan selalu jadi tulisan teratas gue :)

Lama Misael yang empunya blog tidak menulis di sini... banyak sekali yah yang tidak kutulis di blog ini. Fenomena terkini dan segala macam...

2 comments: