Definisi Social Media yang Sebenarnya

6/13/2013 05:05:00 AM Sael 0 Comments

Banyak orang dan media mengira social media hanya sekadar tempat berbagi atau bertukar pengalaman dan berita di internet sehingga muncul salah kaprah bahwa YouTube, Instagram, dan Twitpic adalah bagian dari media sosial itu, padahal jauh panggang dari api.

Sebenarnya menurutku social media adalah tempat kita bisa berbagi pengalaman seperti di atas, tetapi ada tambahan definisi yaitu tempat kita ngobrol, chit chat dengan orang lain, tempat menggalang solidaritas antarpenghuni, berbagi apa yang kita suka, dan definisi dunia maya yang sebenarnya karena kelakuan penghuninya seringkali mirip sekali dengan di kehidupan nyata.

Jadi benar Instagram dan Youtube bukan media sosial? Bukan. Instagram jarang dipakai ngobrol kan hanya dipakai berbagi foto (editan), dan saya juga tidak pernah mendengar ada yang ngobrol di instagram, paling hanya saling singgung-singgungan. Youtube juga sejatinya hanya tempat video sharing, kolom komentar di channel dan video hanya fitur tambahan yang sebenarnya mirip dengan di situs berita seperti kompas.com dan komentar di blog ini yang dibuat untuk menanyakan feedback viewers atas apa yang mereka baru saja lihat.

Jadi kalau begitu forum, milis, dan kolom komentar di website termasuk social media kak? Ya kecuali kolom komentar. Media sosial sesuai namanya adalah media untuk bersosialisasi dan terbuka bagi
siapa saja.

Forum adalah media sosial terawal yang hadir di internet, karena seperti arti forum yaitu tempat para anggotanya berdiskusi (ini juga termasuk forum dalam rapat atau forum organisasi ). Forum ditujukan untuk anggotanya berbagi pendapat, berdiskusi, dan sifatnya sangat terbuka melebihi Twitter yang diklaim sangat terbuka. Jadi jelas dalam forum kita dapat bersosialisasi paling tidak dengan orang yang bermain ke posting/thread kita.

Namun kenapa forum tidak digolongkan ke dalam media sosial oleh media massa kita tercinta? Saya bingung.

Lalu bagaimana dengan Twitter yang diklaim pemiliknya Jack Dorsey bukan media sosial? Memang twitter diciptakan bukan untuk media sosial tetapi microblogging yang hanya dibolehkan 140 karakter (kecuali pakai aplikasi pihak ketiga). Tetapi penggunanya menjadikan twitter sebagai media sosial yang kekuatannya malah melebihi Facebook.

Kolom komentar dan aplikasi sharing/berbagi juga begitu. Perilaku penggunanya yang sering chit chat di situ yang membuat media massa sering memanggil mereka media sosial padahal bukan sama sekali.

Lalu Facebook, WeChat, LINE, KakaoTalk, BBM??? Sebaiknya tidak usah dijelaskan lagi. Satu yang saya jelaskan ya hanya Facebook yang bersifat terbuka (kecuali menggunakan fitur untuk menutupi), selebihnya tertutup hanya bagi yang sudah download aplikasi tersebut.

Banyak orang dan media mengira social media hanya sekadar tempat berbagi atau bertukar pengalaman dan berita di internet sehingga muncul sa...

0 comments: