Jenis-Jenis Official Account Line Versi Gue

10/06/2016 11:34:00 AM Sael 2 Comments


maxmanroe.com

Halo semua! Seperti kita udah tau, Line udah menjadi media komunikasi andalan anak muda di Indonesia, karena WA identik sama komunikasi sama orang tua umur di atas 30 :( .  Namanya LINE juga punya Official Account, semacam fanpage facebook jaman dulu mah. Nah, jenis jenis OA secara umum juga sama kayak penggolongan fanpage FB, jadi kayak gini nih...


1. Galau
Nah, OA kayak gini yang sering jadi bahan bully orang orang, apalagi di OA Draft SMS ngumpul semua haternya tuh. Biasanya paling sering dihantam ya OA Prestigeholics, Amazing Video, Raja Ngakak. Postingannya galau semua, bukan masalah gak baik bagi kesehatan jiwa doank, tapi banyak post ngemis like bawa bawa agama dan ibu "LIKE AMIN", sama post alay entah copas dari mana. Kalo Amazing Video sih sering kena hantam karena OA video kenapa banyak share gambar gambar yang ah sudahlah.
Asal usulnya salah mereka juga sih, yaitu fenomena "ketik like kalo sayang ibu" dan status galau ngeselin (bukan cuma buat jones), sehingga pengaruh ke anak muda sekarang masih bocah dah pacaran.


2. PIN Konveksi
Ini iklan paling berisik dari OA yang gue ikutin, dah mute masih aja bikin ribut. Kirain notif penting eh taunya iklan. Gue pertama kira itu pin yang biasa disematin ke baju, eh taunya PIN BBM. Asal usulnya karena konveksi ini banyak dicari kontaknya kalo mau beli baju grosir murah atau buka olshop. Masalah bahas ini tukang pin BBM nipu apa kagak ya bisa baca lebih lengkap di blog tetangga.
Kalo no hape dan LINE konveksi gak ada yang berani bisnisin ini buat nipu kali, karena mudah sekali terlacak.


3. Kaskus
Kok Kaskus? Soalnya diskusi di OA model gini ya berisik dan kocak kayak Lounge Kaskus. Bahkan OA begini bisa memancing debat kusir dan bully massal. Kemungkinan ini yang bikin Kaskus sepi juga. Salah satunya OA Draft SMS, isinya emang kayak Kaskus, dari curhat ababil gaje sampe iklan terselubung juga ada.


4. Edukatif
Salah satu yang gue tau ada OA Faktual. Isinya ya bagi bagi fakta unik gitu, meski gue dah lama tau sejak terjun ke dunia blogging tahun 2010. Asal tau aja (oot) blog gue yang lama lebih tua dari semua socmed gue dan id Kaskus, kecuali FB HAHAHA
Kalo mau pencerdasan bisa juga sih add iCampus Indonesia, Info 3 SMA, Sehat Indonesiaku, pokoknya OA pendidikan gitu deh. Itu yang kendalikan OA bener bener praktisi di berbagai bidang, bukan cuma asal copas.

5. Provokatif
OA begini cepet kena anak band/banned seharusnya. Orang dunia Line tenang tenang aja (politik Indonesia pun nggak berguncang hebat di dunia Line dan Len Todey, eh Line Today). Ini malah mancing ribut.


6. Agamis
Gue tau beberapa ada yang share dakwah, beberapa ada yang share renungan harian. Nah gue sih ngikut yang like renungan harian, beberapa gue share kalo dirasa penting, terutama yang gue follow sih Keselamatanku dan Jesus Army buat menjaga pertumbuhan rohani :)


7. Lawak
Beda sama tipe Kaskus, OA Lawak ini ya full beritanya bikin ngakak. Wah banyak tipenya nih, dari yang niru niru 9gag (gue gak tau itu OA resmi 9gag bukan), terus Liputan9 yang sudah lama malang melintang di Twitter,


8. Online Shop
Yah namanya juga orang dagang.


9. Resmi dan Sesepuh
Inilah yang merintis OA di Line. Dulu official account Line memang hanya yang udah kerjasama dengan Line, sekarang OA bertanda hijau. OA Line dibuka untuk umum sekitar Maret 2015, itu juga masih sepi peminat.

10. Proker Temporer
Model OA begini biasanya untuk program kerja/proker mahasiswa, bahkan menular ke siswa. Salah satunya sih yang gue like itu PetroGas Days (PGD) UI dan ada beberapa di tingkat teknik kayak Dongkrak Seni. Kalo prokernya kelar, OA dibiarin gitu aja sampe mati atau kadang dipake lagi. Ini gue ngalamin pas nge-add Arjuna Teknik bekas PATO FTUI, program kerja sama buat Teknik di Olimpiade UI, tapi beda tahun aja.


11. Himpunan/Organisasi
Ini himpunan yang udah diakui legitimasinya sama kampus atau organisasi yang sah, biasanya sih memang di lingkup mahasiswa dan sekolahan. Contohnya kayak lambang di atas yang kayanya satu Teknik UI udah tau lambang apaan, dan kalo belum tau, klik kanan gambar > open link in new tab


12. Fans Club dan Fanbase
Biasanya ini buat fans bola dan artis artis Kroya Cilacap, eh Korea Selatan. Tapi gak terbatas begitu pak eee. Pokoknya asal kamu anggota fanclub tertentu, ya termasuk fanboy pilgub meski gue belom nemuin OA bawa bawa nama Ahok, ya silakan bikin. Salah satu yang fenomenal ada Extra Time, Kabar Liga Inggris, fanboy klub, dan banyak lagi deh. Kalo cewek, sering ah gue liat di timeline kok tiba tiba ada Korea nangkring dari akun gaje, eh ternyata...


13. Penipu
Yaa, gausah dijelasin lah, penipu, scammer juga ada. Dari yang modusnya pake free coins 500 lalu secara ghoib tiba tiba 100-200 rebu adders, sampe... nipu beneran sob dan dipolisikan.

Nah sejak dibukanya keran dari LINE buat daftar official account melalui Line@ kalo gak salah Maret 2015, sekarang orang orang yang umur sampe di bawah 40-50an udah mulai pake Line. Tergantung orang juga sih. Line yang awalnya orang pada nyandu gara-gara bonus gratisan Telkomsel (masih inget gak lo???), akhirnya bener bener jadi gantungan hidup banyak orang, sampai sampai FB, Twitter, Kaskus, dan banyak website mendadak sepi karena pada nongkrong di LINE orang orangnya.

Udah dulu ya, udah malem. Kalo mau tambahin boleh yok dikomen :):)

maxmanroe.com Halo semua! Seperti kita udah tau, Line udah menjadi media komunikasi andalan anak muda di Indonesia, karena WA identi...

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Follow Jesus Sayings yuk..
    https://line.me/R/ti/p/%40mnu1028b
    Atau add id : @mnu1028b (pakai @)

    ReplyDelete