Salah ngetap kartu bank dan multi trip KRL? Masuk!

10/03/2016 05:41:00 AM Sael 0 Comments

Terkadang saat lagi hectic, kalian suka ketuker tuker kan antara kartu satu dan kartu lain saat mau tap out keluar dari stasiun. Apalagi kalo antrinya di stasiun serame Tanah Abang, Tangerang, Bogor. Alih alih ngetap pake kartu Flazz BCA, eh taunya ngetap pake KMT. Gue pernah ngalamin ini pas ngetap KMT jadi ngetap KTM (lucu juga mainan hurufnya), jadinya kartu mahasiswa gue praktis "mati" karena gak tau aturan yang gak harus bayar 50 ribu. Eh btw kartu mahasiswa UI udah ada emoney BNI dari 3 tahun lalu :)

Ternyata, di SkyscraperCity ada yang share tips ini supaya nggak kena penalty (cek di http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1584067&page=356 , makasih buat om ObatNyamuk penghuni jalur Bekasi buat tipsnya). Cara dan akhirnya sama aja dengan THB/tiket harian salah turun, ini juga gue pernah ngalamin gara gara gak bisa menunjukkan struk sebagai bukti kesalahan dari stasiun UI.

CUKUP BAYAR 12 RIBU!!! 12 RIBU ADALAH TARIF MAKSIMAL KRL SETELAH NAIK TARIF HARI INI.

Mau kartu bank/KMT mati dari 2013 pun sebenarnya bisa "diampuni" dengan bayar denda ini. Hanya, orang orang tertentu terutama pengguna KRL butuh bimbingan dan tipe tipe weekend gak tau, atau kayak saya yang kebalik sama denda 50 rebu. Ini tak kasih tau alurnya.

  1. Haji Fulan seharusnya tap kartu BCA Flazz karena tadi pagi di stasiun Bogor masuknya pake kartu itu, eh karena memang orang tua pikun, dia tap yang kartu Mandiri E Toll Card.
  2. Haji Fulan akhirnya tap out pake BCA Flazz, keluarlah dia.
  3. Haji Fulan besoknya nggak bawa kartu BCA, bawa Mandiri. Dia minta tolong ke PKD karena di stasiun tulisannya "HUBUNGI PETUGAS"
  4. Haji Fulan dikasih masuk, kartu Mandiri dia dipulihkan dengan bayar denda 12 ribu, Sama aja itu dengan isi KMT kosongan habis naek dari Maja ke Bogor.

Nah, harusnya temen temen gak usah panik lagi kalau salah tap, secepatnya bilang petugas minta "penyucian" kartu, hanya bayar 12 ribu kok. Sayang banget kalo mati kartu atau bahkan beli lagi KMT 30k gara gara gak tau... Bedakan dengan denda 50 ribu yang khusus kartu bank kalo ketahuan dipake free rider.

Tapi denda 50 ribu itu sulit sih terjadi bahkan gak mungkin... karena pegawai stasiun berasumsi nggak ada yang free riding, apalagi kalo ketahuan sudah tap in. Stasiun KRL jaman sekarang juga makin susah buat free riding mendekati tidak mungkin, bahkan stasiun di tempat jin buang anak kayak Maja. Kalau di Duri, wah ente udah dikejar PKD kalau jalan jalan ke arah wesel TNG (pintu keluar rahasia ke kampung).

Terkadang saat lagi hectic, kalian suka ketuker tuker kan antara kartu satu dan kartu lain saat mau tap out keluar dari stasiun. Apalagi k...

0 comments: