Dari Mana Tren Om Telolet Om Mendunia? Dari Timnas!

12/22/2016 01:19:00 AM Sael 1 Comments

Om Telolet Om emang tren paling kagetan dan paling... ah sudahlah. Di mana-mana, benar benar cepat melebihi pemberitaan soal Ahok atau pemberitaan kopi sianida yang tergolong cepat juga gonjang ganjingnya di tahun ini. Padahal, tren telolet ini udah lama kok baru masuk masa peralayalayannya sekarang... Gue juga ketika denger shock, kenapa temen gue yang nggak pernah naik bus selain acara kampus juga... ikutan ngomongin Telolet? Ternyata, ada hubungannya sama Timnas!

*sekiranya skrinsut kekecilan, klik aja biar jadi besar*

Sebenarnya telolet teloletan ini juga udah lama, menyebarnya juga udah lama bro! Salah satunya ya yang tertangkap Koran Kompas tanggal 15 Mei 2016. http://regional.kompas.com/read/2016/05/12/07010071/Hobi.Unik.Bocah.Pemburu.Klakson.Telolet.di.Jalan.Raya . Nah dari sini kemungkinan media massa menyimpulkan tren "om telolet om" berasal. Tapi, sebenarnya itu bukan alasan kuat kenapa bisa mendunia, karena bismania-bismania itu nggak mungkin iseng tanpa suatu alasan kuat. Orang sini juga tahu kok telolet adalah klakson angkot dan bis yang dimodif, karena trennya sudah 10 tahun ke belakang. Kalau nggak, ya nggak akan ngakak guling guling... LOL.

Isunya sih gara-gara timnas. Tapi gue coba analisis dulu hehehe... dengan beberapa tools yang bisa cukup menelusuri tentang suatu tren.

Ini sih denger dari temen yang kebetulan dia udah lama tahu tentang tren klakson Telolet ini dan ada korelasinya ke Timnas, secara LANGSUNG. Dia juga banyak pantau perkembangan persepakbolaan tanah air. Gue juga awalnya kaget, ternyata dari situ toh sumber telolet telolet... dan puncaknya meledak jadi TTWW gara gara orang iseng pas 20 Desember kemarin.


Terima kasih kepada seorang Andik Vermansyah yang sangat kuat penyebab tren Telolet ini meledak, dengan adanya hubungan dengan pelemparan batu ke bis timnas Indonesia oleh bocah Vietnam. Beritanya di sini.


Pastinya kejadian di Vietnam lah, ini platnye liat aja. (sumur goal.com)


Besoknya, ada yang ngetwit tuh dengan hashtag #DiRuangGantiTimnas... Btw, gue menelusuri ini dengan bantuan berita Tribun, http://bogor.tribunnews.com/2016/12/08/6-percakapan-di-ruang-ganti-timnas-indonesia-ini-bikin-ngakak-andik-sebut-klakson-telolet?page=3


Nah, dari sinilah kemungkinan klakson Telolet menjadi tren - tapi saat itu baru di kalangan anak anak Timnas doang. Nah, katanya sih gara-gara di Facebook ada yang iseng, jadi deh keangkat lagi! Sebenarnya ini karena kekhawatiran insiden timpak timpuk bis gara gara anak-anak nggak kasih telolet itu terulang hahaha. Buktinya ini pada saat rame rame Thailand naik lagi.


Eh, setelah ditarik lebih jauh lagi, benar juga sih media soal telolelolet. Cuma kurang akurat... Tren ini merebak setelah ada video YouTube diupload dan dishare ke sana sini sama anak BisMania - yang udah tau pengejar bus ini dari lama. Ini sumbernya thread Kaskus dari salah satu BisMania yang sering dapat Hot Thread (HT) pada tahun 2014 dan ternyata doinya (penulis thread) pada saat itu masih SMP... https://www.kaskus.co.id/thread/54800b600d8b4667478b4572/liat-beginian-di-jalan-tol--jangan-kaget-gan--realbro/


Screenshot threadnya - makasih bro BryantSnt20, dapet salam dari Enthu Broadband.


Balik lagi ke video... soal Telolet Telolet Om, kalau menyimpulkan ujug ujug asalnya dari video Jepara itu kurang tepat. Massa Bismania tidak seberapa, Lagi momen juga itu Bismania sih sharing. Anyway, gue berikan statistiknya dulu, per hari dilihat berapa orang, dan perhatikan, melonjak tajam dari 19 Desember - di mana Om Telolet Om belum terlalu gempar, di Indonesia masih ketutup ribut ribut Ahok dan 212. Benar dugaan gue, saat rame rame timpuk timpukan, video ini jadi rame.


Kalo keyword dari Om Telolet Om? Ayo kita lihat Google Trends yang berhasil bikin blog gue rame juga karena gue satu satunya yang analisis fenomena Sari Roti dengan alat ini :)

Sementara analisis dari Google Trends memperlihatkan nilai 100 pada akhir akhir ini dengan rentang waktu analisis di 30 hari terakhir, dan nilai di atas 0 udah kelihatan dari tanggal upload, 28 November 2016. (Tulis tahun ah, soalnya artikel ini ramainya melintas tahun kayaknya)

Sementara buat Teloletnya... ini emang istilah udah lumayan dikenal dari dulu, tapi sebatas di kalangan Bismania atau yang suka modifikasi klakson kendaraan bermotor... Nah, perhatikan di sekitar tanggal 7, ada kenaikan mencurigakan di keyword ini. Tanggal 7 adalah insiden bus Timnas dilempari batu sama suporter Vietnam.

Ini hasil analisis Google Trends.


... dan ini hasil analisis dari keyword "om telolet om" sampai 8 Desember. Nah, pengaruhnya adalah ke twit yang jadi cover/foto pertama tulisan ini. Orang orang pada nyindir, intinya gini:

Kenapa bis di Vietnam dilempar batu, ya gara-gara dibilang "Om Telolet Om", gak ngasih klakson deh!

Dan kalo ente baca thread Kaskus yang gue kasih rujukan, lempar batu gara gara gak kasih telolet bukanlah hal baru bahkan, itu thread 2014!


Dengan data data yang gue dapatkan, bisa dikatakan semua media kurang dalam analisisnya! Tren Telolet itu bukan dari video Telolet Jepara semata... Pasti ada trigger! Selain kecenderungan untuk saling berbagi di antara Bismania itu sendiri, kesimpulan sementara adalah tren ini dipicu Timnas yang busnya dilempar batu. Sulit menarik perhatian masyarakat ke dunia bis bisan selain TransJakarta kalau tidak ada isu begini, kecelakaan kecelakaan....


Ketika Om Telolet Om, atau kata Telolet sendiri meledak di pasaran saat musimnya, ini juga pasti memengaruhi viewer dari video yang memulai tren "om telolet om". Gue juga harus akui videonya viral karena... bocah bocah sih dan kayak satu kampung di Jepara mau nonton Telolet... Nah, sudah lumayan viral, jadi tambah viral gara gara ada tren Timnas dan kata-kata Andik di Twitter "bis kita ditimpuk batu di Vietnam karena gak dikasih Telolet"

Tambah lagi ada akun bola lagi viral...


Perihal tren ini kenapa mendadak viral lebih parah dari seharusnya pas bis Timnas dilempar batu di Vietnam, perhatikan tanda lonjakan view di grafik video Telolet dan grafik Google Trends sekitar tanggal 16-20 Desember, gak jauh setelah tanding Timnas. Nah, kemungkinan gara gara takut kejadian lagi bis Timnas ditimpukin, Om Telolet Om jadi viral lagi deh. Apalagi mengingat kejadian timpuk menimpuk itu ada di negeri orang, juga karakter suporter Thailand yang hardcore juga...

Kemudian ada orang iseng yang mulai mengetwit atau spamming di Instagram dan Twitter tentang Om Telolet Om, yang awalnya kayaknya menyerang ke akun akun tertentu saja, jadi ke mana mana deh!!! Apalagi mengingat bismania ini kebanyakan laki dan kebanyakan memantau perkembangan dunia bis dan dunia bola di saat sama. Beberapa yang keingetan video Om Telolet Om yang dikaitkan ke pelemparan bus di Vietnam mulai deh spamming di beberapa tempat. Akhirnya terjadi attack Om Telolet Om di kolom komentar nyaris semua artis di sini, gara gara orang usil kurang kerjaan memanfaatkan momen, belum pada tanggal 20an itu banyak yang membombardir DJ DJ dunia dengan "OOMMM TELOLET OM, Om Telolet Om." HAHAHAHA.


Dampaknya, lihat sendiri! Selamat menikmati badai Telolet yang berlalunya kalau orang Indonesia udah capek ngespam dan robot robot dibanned! Hahaha...

Jangan lupa juga, OM TELOLET OM! Semoga tren ini se-awet PPAP!

Reupload dan video top -_- aslinya... masih rame lah.

Om Telolet Om emang tren paling kagetan dan paling... ah sudahlah. Di mana-mana, benar benar cepat melebihi pemberitaan soal Ahok atau pe...

1 comment:

  1. hallo bro ini inbalitimur

    makasih buat analisisnya bro..... soal fenomena telolet ini, kalau menurut saya, penyebarannya sudah menyebar ke mana-mana, sampai dibuat edisi "asal-usulnya" sama orang California, tapi kalau menurut saya lebih tepatnya yang mas Sael katakan.

    Trims bro. BTW permisi promosi blog yang saya buat bro.....
    https://inbalitimur.wordpress.com/

    ReplyDelete