Hal Sederhana Buat Promosi Blog

12/15/2016 09:30:00 PM Sael 0 Comments


Oke gue tau banyak banget yang mengeluh karena blog sepi, apalagi blogging zaman sekarang nggak se-hype pada saat gue pertama masuk ke dunia blog. Gue memulai tahun 2009, gue buat Google ID tahun segitu soalnya, tapi baru bikin Blogspot tahun 2012. Dulu blog lama juga sempet rame, tapi almarhum tahun 2011 akhir karena sibuk Kaskusan lol.



Gue mau sharing aja sedikit saja hal yang bisa membuat blog jadi ramai dikunjungi. Semua cara ini gak mengeluarkan uang sepeserpun.

1. Taruh tempat ramai
Pengalaman gue taruh link beberapa artikel di situs Denny Siregar, di forum SkyscraperCity, juga di kolom kolom berita yang masih nyambung, wah, klik blog ini melonjak melebihi seumur umur klik setiap blogging. Ini ada hubungan ke poin 2 yang mata kalian bisa lihat sekaligus juga kan seharusnya hehehe. Carilah tempat yang tepat buat sharing artikel, bisa ke wall Facebook orang atau fanpage, bisa ke kolom komentar situs berita yang pasti diklik banyak orang. Kalau ke web berita, ya harus nyambung, malu tau sama tukang jualan obat dan tukang baju di Instagram yang bisa sampe bikin seorang Pevita Pearce emosi dulu.
Gue nggak merekomendasikan Kaskus karena satu, moderatornya dari dulu suka ngegarukin postingan iklan blog pribadi apalagi di pejwan. Kalau mau Kaskus, cantumkan saat diskusi dengan orang lain aja dan di page belakang hehehe, atau kalian masuk aja ke lounge diskusi yang ada pada semua subforum selain The Lounge.
2. Cari momentum
Nah, waktu benar-benar harus dimanfaatkan, apa ada waktu tepat untuk kita mengisi suatu kekosongan? Adakah waktu tepat untuk bergerak? Nah, gue memanfaatkan peluang kemarin dengan menjual opini soal Sari Roti. Itu belum cukup. Nah kemarin ada momentum Ahok nangis, selama ini counter untuk yang membully si bapak hanya ditangkis dengan komentar lagi di sosmed, sementara situs sejenis PKS Puyengan sudah mulai gerak bikin artikel. Masak pemikir kalah sama yang nyebar hoax? Ya sudah, gue gerak dengan menulis. Dampaknya, laju view tulisan tercepat seumur umur gue ngeblog.
3. Berpikir taktis dan singkat
Tulisan yang singkat lebih diminati orang dibandingkan yang panjang belibet. Meski tulisan gue nggak bisa dikatakan pendek juga sih. Tentunya jangan singkat singkat tapi jadi blunder atau malah kelihatan acak acakan, itu sih kelihatan kayak web abal abal bukan jurnalisme namanya. Kadang kesel juga yang dikatakan jurnalis kok kalah rapinya dengan tulisan kolomnis kayak di Seword, Selasar, Kaskus, atau Kompasiana? Intinya latihlah dirimu berpikir taktis, banyak caranya, nggak harus berhubungan dengan blogging.
4. Media Sosial
Gue menyebarkan beberapa tulisan ke grup angkatan, grup himpunan (we say as "ikatan mahasiswa"), dan beberapa grup yang punya potensial reader tinggi. Pastinya gue juga post di LINE dan rencananya ketiga tulisan itu akan dipost di Facebook juga. Apalagi tulisan gue tentang politik kan, membuat orang yang selama ini nggak aware karena "sibuk sendiri" jadi sadar kan? Ini gak jauh beda sama poin 1, lihat tempat yang ramai. Bedanya adalah strategi medsos bisa disebarkan dari chat ke chat.
5. Tempat jualan
Menjadikan blog sebagai tempat jualan untuk pendamping Tokopedia, Kaskus, dll, bisa membawa berkah buat empunya. Apalagi kalau blog pribadi juga dipake dagang. Mantap jiwa itu. Caranya bisa blognya dijadikan tempat jualan atau di lapak jualan diselipkan promosi situs ente... Gue juga mau coba tapi belum tahu jualan apa hehehe.
6. Pendekatan langsung - dunia nyata
Saat gue nongkrong sama temen-temen, ada aja yang sempat singgung soal situs ini. Gue juga kadang bilang bilang supaya klik situs gue, dan cerita cerita gimana gue bisa dapat dot ID ini (hal yang jarang punya situs nama sendiri, tarif normal, singkat lagi). Cerita itu bisa membuat orang mempromosikan blog dari mulut ke mulut, kayak "eh baca tulisannya Sael, itu bagus banget, gue gak kepikiran ke situ". Bahkan ada yang tiba tiba private chat bilang "gue suka blog lu". Lol

Udah ya segitu dulu, nanti diupdate lagi. Bhay

Oke gue tau banyak banget yang mengeluh karena blog sepi, apalagi blogging zaman sekarang nggak se-hype pada saat gue pertama masuk ke d...

0 comments: