Jangan Berhenti Berjuang

1/10/2017 08:25:00 AM Sael 1 Comments


Ini adalah artikel pertama di blog setelah sudah lama tidak diurus akibat sedang berlibur. Gue meliburkan blog ini 10 hari berarti... Memang badan yang lelah karena berlibur, ditambah gue juga terkena writer's block, belum gue yang mulai menulis di Seword setelah mendapatkan akses masuk tepat di akhir tahun (31 Desember 2016), membuat gue sempat kehilangan semangat buat menulis. Ditambah beberapa hal yang di luar kuasa gue juga, hmm.

Sudah mau 11 hari juga, artikel ini kelar sebelum tengah malam. Perjuangan juga. Kebetulan, artikel yang mau gue ketik bahas perjuangan juga.

Perjuangan menjadi hal luar biasa penting bagi bangsa kita sampai bagi kita sendiri. No free lunch bro, ingat kata pepatah. Apa-apa harus ada perjuangan dan pengorbanannya, bahkan untuk berbuat jahat sekalipun. Penjahat level garong saja harus rela kehilangan nama baik demi mendapat harta segambreng dan ketakutan di kalangan masyarakat. Bandit Senayan juga harus selalu berpikir bagaimana cara mendapatkan uang negara dengan licik dan untuk kekenyangan mereka sendiri, dengan mereka seenaknya sendiri merelakan kita yang rakyat jelata. Bahkan mahasiswa yang niat menyontek juga berjuang supaya aksinya gak ketahuan...

Tinggal perjuangan itu untuk hal apa. Baik atau buruk. Kalau perjuangannya untuk hal jelek semacam pemecah-belahan bangsa, berhentilah berjuang dan matilah.

Untuk semua pejuang positif, jangan pernah berhenti berjuang. Di manapun ranah kontribusimu, di manapun kamu berada, di manapun kamu belajar, di manapun dan kapanpun. Berjuanglah untuk hal positif. Berjuang melawan hal negatif karena itu sudah disuratkan Tuhan dalam kitab-kitabNya. 

Kelemahan kita tentunya adalah kita tidak tahu benar apakah perjuangan kita negatif apa positif. Tentunya, kita harus banyak berdoa dan belajar. Berdoa untuk meminta perlindungan dan petunjuk dari Tuhan, juga diberikan roh yang bersemangat positif. Belajar tentunya supaya kita tidak bodoh dan kita tahu apa yang kita perjuangkan, contohnya orang yang membela suatu tokoh karena bisa mempersatukan NKRI terlepas dari kekurangannya. Sekiranya hasil dari berdoa dan belajar menyadarkan perjuangan kita negatif, ya tentunya kita harus meninjau ulang apakah perjuangan kita sudah benar arahnya. Kalau salah ya betulkan atau batalkan saja kalau bahayanya keterlaluan, seperti memecah-belah bangsa atau merugikan kepentingan banyak orang.

Kalau perjuangannya sudah benar, teruskan! Sulit memang, apalagi kalau kamu memang tidak memulai di ranah yang tak disukai. Gue juga sering mengalami hal itu. Dalam mengelola blog, gue juga mengalami writer's block dan memang berjuang melawan keinginan gue berhenti menulis dengan keinginan menyelesaikan, karena gue juga tahu kali tulisan gue ini bisa mencerahkan banyak orang dan semoga saja sesuai dengan keinginan banyak orang. Lawan terus apa yang tidak kamu suka, pahami kelemahan lawanmu dan terjanglah segala hambatan. Semua pasti bisa, semua pasti berhasil!

Cara untuk berjuangnya terlalu banyak, cara mempertahankannya juga banyak, tetapi ada banyak kesamaan di cara mempertahankan. Penting banget loh membahas cara mempertahankan perjuangan ini. Ingat kan ungkapan bahwa orang hanya menyala di awal saja dan di akhirnya tidak jelas, ngambang kayak yang di kali.  Cara yang umum adalah mengingat perjuangan sebelumnya yang sama beratnya, seperti mengingat bagaimana perjuangan seorang anak kecil berjalan, membaca, meski gagal dan menangis. Cara itu mengingatkan bahwa natur manusia adalah berjuang, sayang memang rusak oleh sifat negatif yang bernama kemalasan - terlihatnya justru saat manusia tumbuh berkembang, entahlah. Cara lain adalah memaksakan diri, salah satunya tetap bekerja walau penelitian kesehatan menunjukkan tidak baik memaksakan diri bekerja, ingatlah kawan bahwa itu kalau keseringan, kalau sesekali mengapa tidak, asal tidak melebihi batas natural yang pasti juga sudah diteliti secara medis?

Apapun yang diperjuangkan, tetaplah bersabar, karena segala sesuatu memiliki progress dan tidak bisa seperti sulap. Ya, kecuali kalau tinggalnya di negeri impian bukan Jaya Ancol ya lain. Segala yang diperjuangkan memang akan lebih baik ketimbang dikerjakan asal-asalan. Banyak sekali buktinya itu.

Ah, kalau diteruskan, gue kayaknya banyak mengulang kata-kata normatif di situs motivasi. Biarlah gue mengisi ranah gue aja, nggak ke ranah orang, ya soalnya ngapain juga copas info. Selain merusak SEO, bisa membuat identitas hilang, diri sendiri hilang. Hmmm...

SELAMAT BERJUANG!


Ini adalah artikel pertama di blog setelah sudah lama tidak diurus akibat sedang berlibur. Gue meliburkan blog ini 10 hari berarti... M...

1 comment: