Mengulas 50 Website Terbanyak Dikunjungi di Indonesia versi Alexa (2017)

7/30/2017 09:39:00 AM Sael 0 Comments


Memang banyak website yang mengulas beginian. Namun, gue akan mengulas lebih mendalam.dan menjelaskan situs apa aja yang ada di top 50 situs Indonesia versi Alexa. Tentunya update terbaru 2017. Cekidot yap di sini.




Seperti biasa, yang meraja di posisi 1 dan 2 tetap Google.co.id dan Google.com. Menariknya, Google.co.id yang nomor satu bukan google.com. Sebenarnya ini dipengaruhi dari perkenalan Google di Indonesia pada tahun 2005-2006 memang dari google.co.id sih ketimbang aslinya di google.com. Apalagi dengan adanya kebijakan Google me-redirect google.com ke situs Google lokal semacam google.com.sg dan google.co.id setiap pengguna terdeteksi berada di suatu negara.

Di peringkat tiga ada situs yang mencetak para content maker kelas wahid bin akbar, yaitu YouTube. Peringkat 4 ada situs detik.com sebagai situs berita top dan situs asli Indonesia dengan rank Alexa tertinggi. Tribunnews.com ada di peringkat 5, menyeruak dari sebelumnya masih di bawah toko-toko online. 

Facebook ada di peringkat 6, mengisyaratkan memang banyak yang meninggalkan media sosial ini akibat pengaruh Line, WhatsApp, dan aplikasi messaging yang tinggal diunduh di Google Play atau App Store. Lihat saja, banyak laman Facebook orang yang dulu aktif, sekarang sudah penuh sarang laba-laba. Di sisi lain, memang pengguna aktif FB masih banyak apalagi di generasi X, umur 30-50 tahunan.

Jokowi dan Mark Zuckerberg (liputan6.com)

Yahoo ada di peringkat 7, sangat menarik padahal Yahoo sudah diakuisisi Verizon dan keuangannya lagi morat-marit. Kemungkinan ini efek perkenalan Yahoo pada tahun 2000-an yang sempat lebih gencar dari Google, sehingga banyak orang yang masih menggunakan Yahoo untuk bisnis apalagi email. Selain itu, Yahoo juga punya pengumpul berita pertama di Indonesia. Sedih sekali email Yahoo gue almarhum karena masalah password, padahal banyak tertaut ke sana-sini - sekarang akun-akun terkait ke sana diubah alamat email terkait ke sael.tng@gmail.com .

Peringkat 8, ada Tokopedia, tidak usah diragukan lagi sekarang menjadi toko online nomor satu dan paling diandalkan, juga tingkat kepercayaan tinggi. 



Peringkat 9 ada blogspot.co.id - ini juga akibat kebijakan redirect Google untuk blog-blog berakhiran blogspot.com ke blogspot.co.id , dan tahu sendirilah berapa banyak web blog di sini pakai Blogger alias Blogspot. Ohiya, sangat tidak direkomendasikan ngeblog serius dengan extension Blogspot akibat kebijakan redirect ini, soalnya sekalipun gue ketik goyang-oplosan.blogspot.com pasti akan jadi goyang-oplosan.blogspot.co.id (eh itu sih alamat asli blog ini)

Peringkat 10 ada Liputan6.com yang sepertinya belum lama masuk Top 10. Peringkat 11 ada Kompas.com yang dulu sempat saing-saingan sama Detikcom. Peringkat 12 ada toko saingannya ToPed yang iklannya aneh-aneh, Bukalapak.com . Peringkat 13 ada Kaskus.co.id yang meskipun dirasa sepi sama banyak Kaskuser, tapi sepertinya banyak dapat traffic dari debat kusir forum politik dan silent reader Lounge - tapi parameter Alexa sebenarnya bukan cuma keadaan website saat ini.

Peringkat 14 ada Lazada.com toko online asal negeri tetangga, yang di mana gue mau ambil ini buat iklan dan nyari duit hehehe tapi nggak jadi. Peringkat 15 ada Merdeka.com yang nggak kalah ramai sekarang dengan saingannya, bahkan sudah lebih ramai dari induknya KapanLagi.com yang berada di peringkat 16. Uniknya, di peringkat 17 juga anak usaha Kapanlagi Group, brilio.net , padahal situs ini terbilang baru.

Ayo cari mana Pak Jokowi... (merdeka.com)

Peringkat 18 ada Wordpress.com dan ini mengherankan, padahal platform blogging ini ramai juga lho nggak kalah dengan Blogspot. Eh, kayaknya karena banyak banget yang menggunakan Wordpress tapi pakai domain sendiri, sampai yang menggunakan Wordpress hanya sebagai "operating system" sebuah situs.

Peringkat 19 ada, hmmmm, lk21.org sebagai situs langganan di-banned Kemenkominfo gara-gara, ya tahulah sendiri yang sering download-download di sana....

Peringkat 20 ada Grid.id sebagai situs saingan Kapanlagi punya grup Kompas Gramedia. Yang membedakan dengan Kompas.com dan Tribun adalah Grid.id dipegang anak perusahaan KG yaitu Gramedia Majalah. Selain itu, pendekatannya juga mirip Tabloid Nova. Situs ini juga menaungi semua situs majalah Kompas Gramedia lho sekarang (Hai Online, Kawanku alias Cewekbanget.id, Bobo.id, Nova, Motor Plus) sehingga sekarang semua situs majalah akan di-redirect ke grid.id.



Peringkat 21 ada situs berita viva.co.id punya Bakrie, grup TV One dan ANTV. Peringkat 22 ada uzone.id website punya Telkom, tinggi karena banyak pengguna IndiHome di Indonesia ini, Uzone adalah website "halaman awal" buat pengguna IndiHome. Peringkat 23 ada Popads.net yang sering dipakai blogger di iklan-iklan, apalagi kalau belum pakai Adblock. Peringkat 24 ada indoxxi.net yang hmmm, mirip LK21.

Peringkat 25 ada Instagram.com - ini mengejutkan karena penggunanya bejibun di Indonesia lho, apa mungkin karena banyak di generasi milenial aja ya... Memang sih bahkan nggak semua teman gue punya IG. Apa karena memang Instagram tidak dibuka secara kontinu seperti FB dan lain-lain ya? Apa karena IG hanya bisa diakses penuh di smartphone ya?



Peringkat 26 ada Okezone.com yang lagi rame gara-gara manuver politik Papa Hate di situs ini. Tingkat 27 ada onclkds.com ya itulah situs iklan keklik, kadang juga Jebmen/jebakan betmen. Peringkat 28 ada alodokter.com yang menjadi raja di situs khusus kesehatan dan ditangani dokter. Peringkat 29 ada dream.co.id, salah satu anak usaha Kapanlagi yang di-brand menjadi situs dengan nuansa Muslim. Peringkat 30 ada IDNTimes.com yang sering kamu baca di Line Today, dengan berita-berita yang khusus menargetkan generasi milenial dan lebih banyak story news ketimbang hard news.

Peringkat 31 ada wowkeren.com sebagai situs andalan dari dulu kalau cari berita selebriti. Peringkat 32 ada Bintang.com milik Emtek alias grup SCTV. Bedakan dengan tabloidbintang.com ya yang membawahi Tabloid Bintang cetak dan satu grup dengan Tempo. Peringkat 33 ada Suara.com sebagai media hard news yang tergolong baru (2014), tapi benar-benar berkembang luar biasa, meskipun nggak se-luar-biasa Grid.id secara peringkat.

Logo lama suara.com

Peringkat 34 ada blogspot.com - ini kebanyakan yang ketik manual atau klik manual Blogspot. Peringkat 35 ada Wikipedia.org (ini Wikipedia semua bahasa lho). Dulu Wikipedia sempat masuk jajaran lebih tinggi dari ini, namun mungkin karena pelarangan Wikipedia sebagai sumber artikel ilmiah kali ya, juga karena Wikipedia sering ngawur jadi berkurang pengunjungnya? Peringkat 36 ada Bola.net yang masih keluarga Kapanlagi Network, tapi fokus ke bola - aneh juga Goal.com bisa kalah sama website ini.

Peringkat 37 ada Vidio.com alias YouTube lokal hahahaha, tapi isinya kebanyakan alay cinta-cintaan sih ya, alias acara SCTV yang alay itu.... Level 38 ada Kompasiana.com yang sebenarnya mulai sepi karena bedol desa sejumlah penulisnya ke Seword, tapi ingat banyak link lama dan jadul masih terkait ke Kompasiana dan turut menyumbang traffic. Level 39 ada Tempo.co - agak mengherankan ya untuk situs yang dikenal banyak orang ini, padahal situs berita ya? Peringkat 40 ada OLX.co.id, entah apa yang terjadi, mungkin gara-gara memang dari zaman Tokobagus sudah banyak aneh-aneh ya di sini? Apa mungkin OLX lebih fokus ke barang mahal semacam mobil dan rumah?

Peringkat 41 ada Blibli.com masih saudaraan dengan Kaskus di divisi bisnis online Djarum - sering diejek Kaskuser dengan "website punya rokok", ditengarai juga menjadi alasan "pembunuhan" ke FJB Kaskus yang legendaris itu. Di 42 ada Kumparan.com sebagai media baru yang punya concern memberitakan kabar serius semacam politik sampai gosip artis dengan gaya yang bisa diterima anak muda. Eh, Kumparan juga ada kolomnya di mana beberapa penulis yang (entah gimana mekanismenya) diterima bisa publish tulisan opini yang tidak menjadi tanggung jawab situs Kumparan.



Peringkat 43 ada Sindonews.com sebagai saudara Okezone, tapi entah apa bedanya.... Peringkat 44 ada Bola.com punya grup Emtek/PT KMK sebagai saingan berat di situs sepakbola. Peringkat 45 ada savefrom.net yang biasa digunakan buat mengunduh video YouTube dan Instagram. Peringkat 46 ada subscene.com buat download subtitle film, ya maklum sih karena Bahasa Inggris kita ya begitulah. Peringkat 47 ada Republika.co.id sebagai portal berita bernafaskan Islam, sering dituding ada afiliasi dengan kelompok tertentu yang memengaruhi kenetralannya.

Peringkat 48 ada situs buat cari subtitle juga, indexmovie.me . Lalu peringkat 49, sangat mengejutkan, ternyata...

TWITTER! Twitter ada di level 49. Benar memang Twitter mulai ditinggalkan banyak penggunanya. Dari dulu menjadi situs papan atas sampai benar-benar saingan dengan Facebook, setelah ada Line mulai turun drastis penggunanya, meski di Indonesia sebenarnya masih banyak juga sih.



Peringkat 50, ada situs iklan Popcash.net yang sering muncul di beberapa web kalau keklik link. 

Berikutnya sudah masuk kawasan berbayar, sehingga kalau nggak pakai free trial ya jelas kita harus membayarnya dengan harga lumayan mahal. Dan memang harus buat yang benar-benar serius kalau mau pakai analisis Alexa karena di salah satu isian form ditanyakan industri dan lainnya. Kebanyakan situs web yang dipakai dagang-dagang nggak masuk Top 100 lho.

Oke, sekian tulisan gue kali ini, selamat malam dan tetap menulis!

Disclaimer: semua foto di sini adalah milik situs web yang bersangkutan (klik kanan-open image in the new tab untuk tahu link gambar)

Memang banyak website yang mengulas beginian. Namun, gue akan mengulas lebih mendalam.dan menjelaskan situs apa aja yang ada di top 50 ...

0 comments: