Website Tertua Indonesia (yang Masih Aktif) Adalah Kampus UI

7/30/2017 10:30:00 AM Sael 0 Comments



Website tertua di Indonesia dimiliki kampus UI (ui.ac.id). Internet di negara kita juga bermula dari kampus ini.
Website UI terdaftar pada tanggal 1 Januari 1995. Data Whois ada di bawah.


Sebenarnya situs pertama di Indonesia sangat simpang siur, situs buatan mahasiswa RI di luar negeri yang ditemukan winsomedia.com (klik) sudah hilang, baik di situs Universitas Manitoba atau di Elga.net.id, menyisakan situs ui.ac.id sebagai domain dan alamat web tertua yang masih bisa kita akses.

Website ui.ac.id adalah satu-satunya yang sudah menggunakan nama domain, ketika pada masa itu komunikasi dunia maya masih lebih banyak menggunakan IP address dan protokol lain yang rumit. Situs-situs terkait telekomunikasi dan sejarah Internet lain didaftarkan pada 18 Mei 1995, beberapa di antaranya ada telkom.co.id, itb.ac.id, dan indo.net.id (layanan ISP).

Untuk memastikan situs yang benar-benar pertama di Indonesia memang cukup sulit berhubung tidak digunakannya nama domain pada zaman itu, ditambah pengarsipan dokumen online pada masa perintisan Internet di Indonesia (1994-1995) belum baik. Namun, clue atau kunci utama untuk menemukan siapa pembuat web di Indonesia adalah perintis dunia maya pada tahun 90an itu, yaitu UI dan ITB (dengan beberapa kampus lain), namun penelitian tentang Internet utamanya dilakukan di UI.

Ketika dibandingkan dengan situs tertua sedunia yaitu symbolics.com sebagai perusahaan komputer yang sudah bubar dan info.cern.ch sebagai halaman web tertua di muka bumi (karena Symbolics, HP, dan perusahaan teknologi baru daftar domain pada 1985), UI sebagai domain tertua di Indonesia tergolong unik. 

Ketika nama domain dan website pertama di luar negeri hampir semuanya terkait ilmu komputer dan koneksi jaringan, di Indonesia dimulai dari situs sebuah kampus! Baru kemudian pada 18 Mei 1995 didaftarkan nama-nama yang terkait bisnis telekomunikasi di Indonesia. Menariknya, situs UI sampai sekarang masih sangat sering diakses orang bahkan dihafalkan alamatnya. Berbeda dengan symbolics.com yang hanya tersisa nama saja karena perusahaannya bubar, jadi saat ini di situs itu terdapat "prasasti" online saja bahwa situs itu adalah nama pertama teregistrasi di Internet.

Situs UI menempati situs teramai peringkat 293 se-Indonesia versi Alexa (sumber). Lalu lintas masuk dan keluar situs UI umumnya datang dari mahasiswa membuka sistem akademik (SIAK NG), maba mencari informasi tentang kegiatan UI, informasi penerimaan SBMPTN dan Simak, pencarian jurnal ilmiah, login Hotspot UI (proxy.ui.ac.id), sampai mencari prestasi civitas academica UI.

Bagi mahasiswa UI, apalagi Fasilkom UI, berbanggalah bahwa kampus kita adalah perintis internet sekaligus pemilik website tertua di Indonesia yang masih hidup. UI.ac.id adalah Symbolics.com versi Indonesia. Akan tetapi, pihak UI belum pernah memberikan pernyataan atau klaim sebagai salah satu situs web tertua di Indonesia.

Website tertua di Indonesia dimiliki kampus UI ( ui.ac.id ). Internet di negara kita juga bermula dari kampus ini.

0 comments: